Nakas tergolong furniture utama yang lazim ditempatkan pada ruang tamu. Meja besar berbentuk laci yang terdiri atas beberapa ruang ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan, tetapi juga dekorasi ruangan. Oleh karena itu, pemilihan nakas untuk ruang tamu hendaknya mempertimbangkan faktor estetika dalam menentukan model yang sesuai dengan karakteristik ruangan.

Karakteristik Nakas Klasik yang Cocok untuk Ruangan Minimalis

Pada rumah minimalis, nakas umumnya diletakkan pada sudut ruangan. Bagian atasnya seringkali ditambahkan hiasan seperti bunga, perkakas mungil, atau hiasan sintetik. Tujuannya agar semakin memperindah ruangan. terdapat beberapa karakteristik nakas klasik yang cocok diaplikasikan pada ruangan minimalis. Berikut uraiannya lebih lengkap.

Terbuat dari Bahan Kayu Berkualitas

Nakas berkualitas dibuat dari bahan yang bermutu tinggi. Salah satu bahan paling tepat untuk pembuatan nakas klasik adalah kayu mahoni. Kayu ini mempunyai sifat kokoh, sehingga mampu menahan beban benda di atasnya. Tak hanya itu, nakas dari kayu mahoni juga relatif lebih tahan dari serangan jamur dan binatang pengerat seperti rayap.

Kayu mahoni dipoles oleh pengrajin menjadi berbagai model nakas klasik berkualitas. Pengrajin profesional akan menggunakan peralatan terbaik demi menciptakan hasil nakas yang tak mengecewakan. Pengrajin berpengalaman juga akan melakukan teknik terbaik sehingga menghasilkan nakas estetik yang tak tampak jika sebenarnya dibuat dari kayu alami.

Berbagai model desain Nakas untuk interior klasik, minimalis, modern dan mewah

Model Unik dan Antik

Terdapat berbagai model nakas yang unik dan antik. Model paling sederhana untuk ruangan minimalis misalnya Bombay. Model ini mempunyai empat kaki mungil sebagai penyangga laci di atasnya. Model Bombay sendiri ada beraneka variasi yang unik. Ada yang didesain khusus dengan ukiran antik, ada yang memainkan bentuk sehingga tampak lebih gendut, dan lain-lain.

Prinsip ruangan minimalis adalah kesederhanaan yang elegan. Oleh karena itu, model nakas paling cocok untuk ruang tamu minimalis yakni yang tidak didesain terlalu ramai. Nakas boleh saja mempunyai dekorasi tambahan (seperti ukiran) di bagian luarnya, tetapi jangan pilih yang ukirannya terlalu mendominasi. Sebaliknya, pilih yang desainnya lebih simple tapi elegan.

Ukuran Tidak Terlalu Besar

Nakas kayu asli untuk ruangan minimalis kurang sesuai jika ukurannya terlalu besar. Pada bangunan minimalis setiap ruang kosong yang tersedia harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Sehingga nakas paling cocok untuk ruang tamu minimalis adalah yang ukurannya tak terlalu besar agar tidak menghabiskan ruang.

Saat ini sudah banyak nakas cantik dengan model unik yang ukurannya ramah ruangan minimalis. Seperti contoh nakas model white duco 2 drawer. Nakas ini hanya memiliki dua laci dengan kaki yang relatif panjang. Model ini tidak menghabiskan banyak tempat, karena mudah disisipkan di ruang kosong sekalipun di pojokan.

Contoh nakas lain yang ukurannya tak terlalu besar tapi indah adalah model bombay vertikal. Nakas ini berdiri secara ramping tanpa menghabiskan banyak ruang, karena bentuknya meninggi (vertikal). Nakas ini mempunyai laci penyimpanan cukup banyak sehingga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang.

Warna Disesuaikan dengan Nuansa Ruangan

Nakas klasik untuk ruangan minimalis bisa disesuaikan warnanya dengan nuansa ruangan. Secara umum, warna-warna nakas klasik telah didesain dengan netral. Warna-warna nakas klasik mudah dikombinasikan dengan cat dinding apapun, karena biasanya didominasi putih, silver, navy, atau hitam.

Namun ada juga warna nakas yang unik dan berbeda. Misalnya pada nakas model bombay bergaris, Anda bisa melihat strip hitam putih seperti bidang piano berbentuk vertikal. Anda bisa memilih nakas dengan warna-warna nyentrik untuk bereksperimen desain

Dekorasi Tambahan untuk Menambah Estetika

Dekorasi yang menjadi ciri khas nakas klasik adalah adanya ukiran di bagian permukaan luar nakas. Ukiran ini bentuknya beragam. Ada yang melintang dari sepanjang tepian nakas, ada yang hanya bagian atas dan bawah saja. Ukiran ini bisa semakin menambah estetika yang memperindah tampilan nakas.

Itulah karakteristik nakas klasik yang cocok diaplikasikan pada ruangan minimalis, terutama ruang tamu. Anda dapat memilih model nakas minimalis yang sesuai dengan nuansa ruangan. Misalnya, jika ruang tamu Anda didesain dengan nuansa monokrom, maka bisa memilih model seperti white duco yang didominasi warna putih elegan. Dan masih banyak lagi referensi model lain yang bisa dipilih.